A. IDENTITAS ULASAN
Judul : Penggunaan Media Musik Klasik Beethoven dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru
Penulis : Hardiana M.S.
Tahun : 2016
B. ULASAN:
1) Latar Belakang Penelitian
Penelitian ini dilatar belakangi atas hasil observasi peneliti di sekolah yang menemukan bahwa pembelajaran sastra terutama menulis cerpen belum maksimal. Hal ini disebabkan karena minimnya minat dan kemampuan siswa terhadap kegiatan menulis, serta kurangnya kreativitas siswa dalam menulis cerpen. Selain itu, masih banyak guru yang menggunakan metode, model, dan media yang kurang sesuai dengan konteks pembelajaran. Bahkan masih menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran seperti metode ceramah dalam pembelajaran menulis cerpen. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa siswa tentu akan merasa kurang berminat dan bosan ketika berada di dalam kelas.
Pada dasarnya pembelajaran menulis cerpen bertujuan agar siswa dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan cerpen. Selain tujuan tersebut, pembelajaran menulis cerpen juga sekaligus sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam bentuk tulisan serta meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi sebuah karya sastra. Sehingga dalam proses pembelajaran, seorang pendidik yakni guru diharapkan mampu mengarahkan siswa agar berkreasi dan membuat serta mengapresiasi sebuah cerpen.
Menurut peneliti, musik dapat dijadikan sebagai mendia pembelajaran karena musik dapat membuat siswa merasa relaks. Musik merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan fungsi otak agar menjadi lebih baik. Salah satu genre musik yang dapat berpengaruh terhadap fungsi otak adalah musik klasik. Ketika mendengarkan musik klasik, terjadi rangsangan pada jalur otak yang memproses penalaran spasial.
Penelitian-penelitan yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa media musik efektif digunakan dalam pembelajaran puisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti tertarik untuk menggunakan media musik dalam pembelajaran cerpen. Namun, dalam penelitian ini, peneliti mencoba inovasi baru, yakni dengan menggunakan media musik klasik Beethoven pada pembelajaran menulis cerpen.
Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas ekperimen. Pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan media musik klasik pada kelas kontrol dan pembelajran menulis cerpen dengan menggunakan media musik klasik pada kelas eksperimen. Kemampuan menulis cerpen siswa akan diperoleh dengan cara memberikan tes menulis cerpen baik kepada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Hasil perbandingan keduanya akan dianalisis dengan analisis uji t sehingga menghasilkan temuan. Dari hasil analisis tersebut akan ditemukan efektif atau tidaknya penggunaan media musik klasik dalam menulis cerpen.
2) Metode Penelitian
Berdasarkan judul penelitian yang diangkat peneliti yakni Penggunaan Media Musik Klasik Beethoven dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru, maka ada dua variabel yang diamati dalam penelitian tersebut yakni media musik klasik Beethoven sebagai variabel bebas (X) dan pembelajaran menulis cerpen sebagai variabel terikat (Y). Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (Posttest Only Control Design). Penelitian tersebut melibatkan proses posttest, baik kepada kelas kontrol maupun kepada kelas eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas XI IPA SMAN 1 Tanete Rilau kabupaten Barru yang terbagi atas tiga kelas secara homogen. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling. Karena pembagian kelas secara homogen, maka peneliti mengundi seluruh kelas XI IPA SMAN 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru yang berjumlah tiga kelas dan menetapkan kelas yang dijadikan objek penelitian yakni kelas XI IPA 1 sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yakni tes tertulis.
3) Hasil Penelitian
Analisis data pada penelitian ini, tardiri atas dua yaitu analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan bantuan program Statistical for Social Science (SPSS) versi 20. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru dengan menggunakan media musik Beethoven dikategorikan tinggi karena nilai yang diperoleh mencapai kriteria yang telah ditetapkan, yaitu 83% atau sebanyak 24 siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas. Berbeda dengan hasil pembelajaran menulis cerpen siswa tanpa menggunakan media musik klasik Beethoven dikategorikan sangat rendah karena nilai yang diperoleh siswa belum mencapai kriteria yang ditetapkan, yaitu 22,6 % atau sebanyak 7 siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas. Hal ini menunjukkan bahwa media musik klasik Beethoven efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru.
C. KOMENTAR DAN TANGGAPAN PENGULAS
1. Kelebihan dan Kekurangan
Adapun kelebihan skripsi ini yaitu: (1) media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini cukup efektif untuk mengatasi masalah yang melatar belakangi penelitian ini dilaksanakan dan ide penelitian merupakan hal yang baru, (2) kesimpulan dan penyajian analisis data sudah terperinci dan dipaparkan dengan jelas, (3) prosedur penelitian disusun dengan teratur sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca, dan (4) sebagian besar sumber rujukan merupakan rujukan terbaru (lima tahun terakhir). Sedangkan kekurangan skripsi ini yaitu: (1) masih terdapat beberapa kesalahan penulisan kata, (2) tidak ada saran untuk peneliti selanjutnya, dan (3) peneliti tidak melampirkan pretest lembar kerja siswa kelas eksperien sebelum diberikan perlakuan.
2. Aspek penelitian yang bisa dikembangkan
Penelitian yang telah dilakukan oleh Hardiana menemukan bahwa penggunaan media musik klasik beethoven cukup efektif untuk meningkatkan keampuan menulis cerpen siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau kabupaten Barru. Sehingga dapat diterapkan di semua sekolah, tidak hanya di lokasi penelitian. Untuk penelitian selanjutnya, model pembelajaran dapat diujicobakan pada pembelajaran lain dan materi lain seperti materi menulis kreatif puisi.