Saturday, March 26, 2022

REVIEW ARTIKEL PEMBELAJARAN ABAD 21

Nama : Ratnasari 

NIM : 210206500008 

Prodi : Pendidikan Vokasional Mekatronika 

TUGAS REVIEW ARTIKEL 


Nama artikel Pembelajaran Abad 21 

Judul video Pembelajaran Abad 21 

Penulis   

pembawa materi Edi Syahputra 

Dr. Laksmi Dwi, M.Pd. 


Pendahuluan

Pembelajaran merupakan proses memfasilitasi agar individu dapat belajar. Antara belajar dan pembelajaran merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Secara khusus dapat diutarakan bahwa pembelajaran merupakan suatu proses belajar yang dibangun guru untuk meningkatkan moral, intelektual, serta mengembangkan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh siswa, baik itu kemampuan berpikir, kemampuan kreativitas, kemampuan mengkonstruksi pengetahuan, kemampuan pemecahan masalah, hingga kemampuan penguasaan materi pembelajaran dengan baik. 

Pada pembelajaran abad 21 Trilling dan Fadel tahun 2019, mengemukakan pelangi keterampilan abad 21, yang membahas tentang dasar-dasar yang di perlukan dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Ada tiga point penting yang harus di pelajari Yang pertama yaitu terkait dengan Life and career skil itu adalah berbicara tentang bagaimana kita memiliki keterampilan hidup dan mampu berkarir mampu berjuang dalam bidang pekerjaan di mana keterampilan yang dibutuhkan di dalam life skills ini  adalah berkaitan dengan fleksibilitas, adaptibilitas dan yang kemudian Seperti apa fleksibilitas dan ini berlaku di dalam proses pembelajara.  Yang kedua adalah inisiatif dan kemampuan mengaturnya yaitu bagaimana anda sebagai mahasiswa dapat mengelola tujuan waktu mampu bekerja secara independen dan bisa menjadi sosok yang dapat mengatur diri sendiri yang memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Kemudian yang ketiga adalah Bagaimana anda bisa berinteraksi secara sosial dan budaya Anda tahu di negara kita saja kita memiliki banyak sekali kebudayaan bagaimana kita secara efektif dapat bergabung dapat berbaur dengan beragam budaya yang ada.  


Pembahasan 

KARAKTERISTIK GURU ABAD 21 

 

Guru sebagai fasilitator, motivator dan inspirator. Saat ini perkembangan digital sudah demikian maju, guru bukan satusatunya sumber informasi untuk belajar. Oleh karena itu guru harus bisa menjadi fasilitator dan motivator bagi muridnya untuk mencari dan memanfaatkan sumber belajar melalui kemajuan digital. Hal ini sekaligus sebagai inspirator untuk murid-muridnya agar lebih giat belajar dan menemukan sumber informasi melalui teknologi yang berkembang. 

1. Minat baca guru harus tinggi. Dapat dibayangkan kalau minat baca guru rendah, apa jadinya? Pastilah pengetahuan guru akan stagnan dan terlampaui oleh pengetahuan siswanya. Implikasi yang terjadi adalah kewibawaan guru merosot dimata siswanya. 

2. Guru harus memiliki kemampuan menulis karya ilmiah. Disamping minat baca guru harus tinggi, guru dituntut juga memiliki kemampuan menulis karya ilmiah. Sebab guru dalam tugasnya akan selalu memberikan macam-acam tugas kepada siswanya. Beberapa penugasan yang diwajibkan guru kepada siswanya antara lain adalah mereviu buku, artikel jurnal, membuat karangan pendek dan lain-lain. Hal ini semua menuntut guru harus mahir menulis. 

3. Guru harus kreatif dan inovatif mempraktekkan modelmodel pembelajaran. Tuntutan pembelajaran abad 21 mengharuskan guru kreatif dan inovatif mempraktekkan model-model pembelajaran yang dapat mengkonstruksi pengetahuan siswanya. Kombinasi antara model pembelajaran dan penggunaan teknologi digital akan menimbulkan kreativitas dan inovasi siswa. 

4. Guru mampu bertransformasi secara kultural. Pandangan “teacher centered” pada kultur pembelajaran sebelumnya harus dapat bertransformasi ke arah “student centerd”. Jadikan siswa sebagai subyek belajar yang dapat berkembang dan mengkonstruksi pengetahuannya secara maksimal. 

 

KARAKTERISTIK SISWA ABAD 21 

Pada dasarnya siswa di Indonesia dapat menyesuaikan model pembelajaran apapun yang diterapkan guru di kelas. Siswa cukup kreatif sehingga tidaklah sukar untuk menerapkan 

pembelajaran berbasis ICT di Indonesia. 

Pada pembelajaran abad 21 siswa harus memiliki karakteristik khusus sebagai berikut: 

1. Berpikir kritis, memiliki kemauan dan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi, kreatif, kolaboratif dan inovatif 

2. Memiliki kemauan dan kemampuan literasi digital, media baru dan ICT 

3. Berinisiatif yang fleksibel dan adaptif. 


Kesimpulan 

Perubahan masyarakat dunia kearah digitalisasi akan memaksa pembelajaran di sekolah- sekolah di Indonesia mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Pada abad 21 guru dan siswa dituntut melek teknologi digital. Guru bukan satu-satunya sumber belajar, siswa dapat di arahkan untuk menelusuri sumber belajar lainnya melalui internet dan media pembelajaran lainnya. Pembelajaran abad 21 yang berbasis teknologi diharapkan dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia sehingga dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang terampil sebagai generasi emas Indonesia 2045. 

 

Daftar Pustaka 

Syahputra, E. (2018, March). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional  SINASTEKMAPAN (Vol. 1, No. 1, pp. 1277-1283).  

Dr. Laksmi Dwi,M.Pd. Video Pembelajaran abad 21. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sistem Pendidikan Indonesia. 

  


No comments:

Post a Comment