Sunday, December 13, 2015

PIDATO


BAHASA INDONESIA
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
                Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah SWT. yang telah memberikan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga pada hari ini kita masih dapat berkumpul di tempat ini guna melaksanakan kegiatan kita sebagaimana mestinya. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman mahiriyah, serta dari zaman unta menuju zaman Toyota seperti yang kita rasakan di kehidupan sekarang ini.
                Yang terhormat Bapak dosen pengampu mata kuliah Bahasa Indonesia serta teman-teman selaku pelajar intelektual yang saya banggakan. Pada kesempatan kali ini dalam kurun waktu beberapa menit kedepan, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang membahas tentang “Perkembangan dan Dampak Teknologi Komunikasi”.
                Perkembangan teknologi sangatlah dibutuhkan, karena kebutuhan manusia yang dinamis atau berubah seiring waktu. Pada awalnya manusia hanya dapat berkomunikasi secara face to face (bertatap muka) ataupun tanda/isyarat yang memiliki arti khusus. Selanjutnya muncul media komunikasi yaitu surat, khususnya untuk orang-orang yang terpisah oleh ruang dan waktu, digunakanlah surat untuk menyampaikan informasi. Karena surat membutuhkan waktu yang relatif lama, terlebih lagi jika jarak antara pengirim dan penerima yang jauh, muncul lagi teknologi yang termasuk canggih pada eranya yaitu telegraf yang dapat mengirimkan pesan jarak jauh melalui kode morse. Namun, telegraf ini hanya menyampaikan pesan tertulis. Manusia tentunya kurang puas sehingga dengan jerih payah dari Alexander Graham Bell, ditemukanlah telepon untuk pertama kali. Penemuan telepon adalah sebuah penemuan besar, dimana dalam berkomunikasi tidak memerlukan ruang dan waktu yang banyak. Setelah penemuan telepon, kemudian komunikasi berupa pesan singkat diciptakan yakni pager.  Di Indonesia sendiri, pager populer pada tahun 90-an. Penggunaanya yaitu dengan menghubungi penyedia layanan pager, kemudian operator akan menjawab dan meminta ID pager kepada orang yang dituju. Setelah itu, kita sampaikan pesan yang ingin dikirim dan operator akan membacakan kembali pesan kita untuk kepastiannya. Kemudian, pesan kita akan sampai kepada ID pager yang dituju.
Beberapa tahun yang lalu, teknologi komunikasi yang paling poluler adalah telepon kabel. Banyak pula orang-orang yang berminat memasang telepon kabel di rumahnya. Bahkan, telepon kabel juga dapat menjadi sumber penghasilan yaitu dengan mendirikan usaha berupa warung telepon atau sering disebut wartel. Dalam perkembangannya sekarang ini, telepon kabel sudah tidak efektif lagi karena mobilitas dari aktivitas manusia yang tinggi.
Selanjutnya, handphone pun berkembang, teknologi ini lebih efektif dan efisien lagi karena dapat dibawa kemana saja, digunakan kapanpun dan dimanapun yang penting ada sinyal dan tentunya ada pulsa. Selain berkomunikasi via suara, handphone juga digunakan untuk mengirimkan pesan singkat atau sering disebut SMS. Handphone juga mengalami perkembangan dari berbagai segi, yang awalnya biasa saja dengan layar kuning atau putih, kemudian memiliki antena kecil, tak kalah lagi dengan adanya fitur senter. Tidak hanya itu, muncul lagi handphone yang dilengkapi dengan fitur kamera, lalu dengan layar yang sudah tidak kuning lagi, warna latar dan tema sudah bisa diganti sesuai keinginan bahkan full colour (warna-warni). Handphone berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan manusia dan hebatnya lagi sekarang telah dikembangkan handphone dengan fitur-fitur canggih seperti Android yang memudahkan akses langsung ke internet.
                Teknologi komunikasi merupakan sarana utama bagi seluruh umat di dunia untuk mendapatkan informasi teraktual dimasa sekarang ini. Seperti halnya internet, orang dengan mudah mengakses berita-berita teraktual yang telah dirangkum dan dipublikasikan di internet. Lewat internet pula kita bisa bertukar informasi dengan orang di belahan dunia lain namun tidak untuk dunia lain. Internet berdampak besar bagi generasi muda zaman kini yang memasuki era globalisasi bahkan sudah tenggelam didalamnya. Masa dimana semua bergerak cepat dan instan, tak dapat dipungkiri globalisasi juga mampu membawa Indonesia kearah yang lebih baik.
                Maka dari itu perkembangan teknologi akan sangat membantu kemajuan negara Indonesia, agar bangsa kita dapat sejajar kedudukannya dengan bangsa maju lainnya. Namun penggunaan teknologi komunikasi terutama harus bijak, kita harus dapat memilah mana yang sekiranya positif dan mana yang negatif, sehingga tidak menjerumuskan kita kearah yang salah. Jadi dapat kita tarik kesimpulan bahwa teknologi dapat berdampak baik bagi kemajuan suatu bangsa apabila bangsa tersebut menggunakannya dengan bijak.
                Sekian uraian yang dapat saya sampaikan dan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dihati. Semoga keselamatan, kesejahteraan, dan keberkahan tetap tercurahkan kepada kita semua.
                Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

NAMA  : NURHIDAYAH
NIM       : 1551040039
KELAS    : C
PRODI   : PEND. BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
                UNIVERSITAS NEGERI MAKASSARPIDATO DAMPAK TEKNOLOGI KOMUNIKASI

No comments:

Post a Comment